Kubah Masjid Enamel

Kubah Masjid Enamel

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Kubah Masjid Enamel, kita akan memberikan gambaran tentang apa itu kubah enamel ? Enamel adalah suatu lapisan cat yang berbahan subtrat atau sejenis serbuk porcelain yang dibakar diatas media dengan suhu tinggi sekitar 800° celcius.

Kubah Masjid Enamel

Dan kubah masjid enamel yaitu kubah masjid yang lapisan pada panel-panel kubahnya memakai serbuk porcelain atau cat subtrat. Yang mana hanya bahan tertentu saja yang diberi lapisan enamel, yaitu bahan yang tahan terhadap suhu tinggi. Contohnya plat baja low carbon yang tahan terhadap pemuaian karena lapisan enamel ini bersifat keras dan mudah pecah.

Bahan plat low carbon yang banyak digunakan adalah yang berjenis plat mobil atau plat putih dengan tipe spcc-sd atau tipe sphc yang mana plat tersebut cocok sekali dengan karakteristik enamel. Untuk ketebalan bahannya sendiri sangat bervariasi, tergantung luas media setiap panelnya, bisa mulai dari ketebalan 0,7 mm sampai dengan 1,2 mm.

Spesifikasi Kubah Masjid Enamel

Rangka Kubah

Untuk rangka utama kami menggunakan pipa galvanis ukuran 1-3 inchi dan tergantung ukuran besar kecilnya kubah. Dan untuk rangka pendukung kami menggunakan besi hollow ukuran 2 X 4 mm dengan tebal 1.4 mm.

Plafon Kubah
Untuk plafon kubah masjid enamel kami menggunakan kalsiboard 3 mm yang dilengkapi water proofing membran thorcing system (tahan air) setebal 3 mm. Yang membuat kubah masjid enamel tidak akan kemasukan air, aman saat hujan yang menjadikan kubah masjid tahan lama.

Sedangkan untuk kalsiboard bagian bawah dicat tembok agar tampilannya menarik. Rangka plafon kubah masjid, kami menggunakan besi hollow 2 X 4 dan pipa medium 1.25 inchi.

Atap Kubah
Produksi atap kubah kami menggunakan plat besi SPCC SD 1 s/d 1.2m.m (Speck Enamel Grade).

Pengecatan atau Coating
Setiap kubah masjid yang kami produksi selalu melewati 3 tahap pewarnaan. Yang pertama adalah pewarnaan dasar menggunakan oven dengan suhu 790 derajat. Setelah pewarnaan dasar, maka akan masuk pada tahap pewarnaan pokok, prosesnya sama seperti langkah pertama tetapi suhunya lebih tinggi yaitu 800 s/d 810 derajat. Dan terakhir pewarnaan finishing menggunakan suhu 830 derajat.

Aksesoris Kubah Masjid
Untuk aksesoris kami menambahkan Makara yaitu hiasan ujung kubah bagian luar bahannya stainless steel dengan ukuran 0,5 dilengkapi penangkal petir.

Contoh Desain Kubah Masjid Enamel Terbaru

About the author

admin administrator

    Leave a Reply

    Call Now ButtonGratis Konsultasi 08122229385