Masjid Agung Al-Mujahidin

Masjid Agung Al-Mujahidin

Masjid Al-Mujahidin

Merupakan masjid agung kabupaten Lombok Timur, propinsi Nusa Tenggara Barat, Tempat masjid ini ada di kecamatan Selong hingga lebih diketahui dengan nama Masjid Al-Mujahidin Selong. Berdiri diatas tempat seluas 1,2 hektar dengan luas bangunan 1540 mtr. persegi masjid Agung Al-Mujahidin pertama-tama dibuat tahun 1957 dengan satus tanah bersertifikat hak punya, berkapasitas tampung sampai 5000 jemaah sekaligus juga, didesain oleh arsitek Ir. H. M. Aminolah.


Tidak hanya populer dengan wisata alamnya yang eksotis, Lombok juga tersohor dengan panggilan Pulau Seribu Masjid. Terdaftar sekurang-kurangnya 5.400 masjid di pulau Lombok. Perbandingan yang cukuplah sebanding mengingat hampir 90 % masyarakat Lombok ialah pemeluk agama Islam. Masjid dinamakan Masjid Agung Al-Mujahidin menjadi penghormatan pada pahlawan perjuangan kemerdekaan yang gugur di dalam rumah pejuang 1945 waktu menantang penjajah Belanda. Rumah itu ada pas di muka masjid.

Konstruksi Masjid Agung Al-Mujahidin

Bangunan masjid terlihat begitu asri dengan gabungan warna putih, ungu, serta oranye di badan bangunan serta hijau yang melapisi kubah. Bentuk bangunan yang memakai poia ceruk terbuka di sejumlah sisi serta konstruksi tangga di pojok jadi aksen bagus untuk keseluruhnya bangunan.

Masjid diperlengkapi empat menara yang menyatu dengan bangunan serta menjulang tinggi mengikuti kubah penting. Bentuk menara itu seirama dengan bangunan penting, memakai skema ceruk lowong dengan empat skema berlainan di bagian tubuhnya. Tinggi menara 27 mtr. melambangkan ajakan untuk shalat berjamaah yang mempunyai keutamaan 27 kali lipat dibanding shalat sendiri.

Masuk ruangan penting, awalannya akan berasa sesak sebab atap yang datang dari lantai dua bangunan. Akan tetapi, waktu ke arah sisi depan ruangan bisa menjadi lega sebab plafon atap yang terbuka dengan lantai dua menjadi mezzanine. Skema ini mempunyai arti filosofis satu perjalanan ke arah Sang Khalik yang awalannya penuh perjuangan akan tetapi makin mendekati arah akan makin melegakan.

Mihrab Masjid Agung Al-Mujahidin

Masjid Agung Al-Mujahidin

Mihrab masjid tampil lumayan sederhana dengan ceruk berpola horizontal. Bentuk yang cukuplah unik mengingat biasanya masjid memakai skema vertikal meninggi di bagian ceruk mihrab. Penampilan dalam masjid juga terlihat minimalis. Dengan begitu, plafon yang ikuti kubah penting dengan aksen geometris gabungan warna putih, biru, serta kuning mendapatkan semakin banyak sorotan.

Masjid, yang disebut simbol religi Kabupaten Lombok Timur, ini dipakai menjadi fasilitas beribadah sekaligus juga pusat publikasi penduduk seputar. Masjid ini juga sering dipakai menjadi tempat rekreasi keluarga sebab terdapat di lokasi taman kota.

Masjid Agung Al-Mujahidin Selong ini jadi satu dari lima masjid yang memperoleh program pemberian lampu warna warni untuk tampilkan keindahan serta kemegahanna pada malam hari dari kementrian pariwisata. Hal itu searah dengan program propinsi NTB menjadi daerah arah wisata Halal.

About the author

admin administrator

    Call Now ButtonGratis Konsultasi 08122229385