Masjid Agung Jabal Rahmah

Masjid Agung Jabal Rahmah

Masjid Agung Aceh Jaya

Masjid Agung ini ada di desa Sentosa, kecamatan Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Berdiri diatas tanah seluas 2.223 mtr. persegi serta luas bangunan 206 mtr. persegi dan dapat menyimpan sampai 1500 jemaah.

Bangunan masjid yang sekarang berdiri megah ini dibuat tahun 2007 menukar bangunan masjid awal mulanya yang hancur karena terjangan tsunami 26 Desember 2004. Dana pembangunan masjid ini bersumber dari sumbangan pirsawan Pundi Amal SCTV, hingga masjid ini pula sering dikatakan sebagai masjid SCTV.


Masjid Agung Jabal Rahmah pertama-tama dibuat pada tahun 1987, sumberdana pembangunannya datang dari Yayasan Amal Bakti muslim Pancasila (YAMP) serta dikumpulkan dari sumbangan penduduk. Inspirasi keputusannya juga bergulir dalam penduduk yang inginkan berdirinya satu masjid yang permanen.

Akan tetapi bangunan masjid itu luluh lantak dengan infrastruktur yang lain yang berada di kota kecamatan Calang karena musibah tsunami aceh 26 Desember 2004. Calang adalah salah satunya lokasi Aceh yang alami rusaknya sangat kronis karena musibah itu.

Bangunan darurat Masjid Agung Jabal Rahmah

Pada saat responsif darurat tsunami dibangun bangunan darurat diatas pertapakan Masjid Agung Jabal Rahmah itu yang beratapkan tenda. Sesudah itu, pembangunannya dikerjakan oleh pertolongan Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur yang di dukung oleh penduduk ditempat. Kontruksi bangunan saat ini adalah hasil kayu olahan yang tenggelam terikut gelombang tsunami.


Pada tahun 2007, dikerjakan pembongkaran bangunan darurat Masjid Agung Jabal Rahmah Calang serta dibuat kembali dengan permanen dengan dana datang dari sumbangan pundi amal SCTV. Sesudah lewat rangkaian perombakan, sekarang Masjid Jabal Rahmah yang digagas oleh tokoh penduduk Aceh Jaya ini sudah menyandang status Masjid Agung.

Status Masjid Agung tidak lepas dari pemekaran Aceh Jaya dari Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2002. Akan tetapi, sekarang ini Calang telah jadikan menjadi ibu kota Kabupaten Aceh Jaya. Masjid Agung Jabal Rahmah sekarang jadi landmark kabupaten Aceh Jaya.

Masjid Calang Aceh

Pada intinya Masjid Jabal Rahmah adalah Masjid kemukiman Calang yang membawahi beberapa desa salah satunya Desa Sentosa, Bahagia, Gampong Blang, Dayah Baro serta Keutapang. Sebab letaknya begitu strategis, ada di tengahnya Kota Calang, jadi dijadikanlah Masjid Jabal Rahmah itu menjadi Masjid Agung Kabupaten Aceh Jaya.

Menjadi masjid agung kabupaten, masjid ini jadi pusat kegiatan ke-Islaman di kabupaten Aceh Jaya seperti pusat pelakanaan sholat Idul Fitri serta Idul Adha serta pusat peringatan hari hari besar Islam tingkat kabupaten dan jadi titik keberangkatan serta kehadiran Jemaah Haji kabupaten Aceh Jaya.

About the author

admin administrator

    Call Now ButtonGratis Konsultasi 08122229385