Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid Nasional Surabaya

Islam mulai masuk ke Jawa Timur diprediksikan pada era ke-11, yang selalu berkembang cepat atas perjuangan Wali Songo. Kota Surabaya menjadi ibu kota Jawa Timur sekaligus juga kota paling besar ke-2 di Indonesia, jadikan kota ini sisi penting dari perubahan Islam di Tanah Jawa.

Jadi tidak aneh jika banyak diketemukan situs peninggalan Islam di dalam Kota Surabaya, baik yang telah populer atau jarang terdengar.


Tidak hanya tempat melaksanakan ibadah, Masjid dapat juga jadikan obyek wisata religi. Ada satu diantara tempat yang dapat jadikan obyek wisata religi yakni Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang ada di Jawa Timur, Indonesia. Persisnya di Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 1, Kecamatan Pagesangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menjadi Masjid ke-2 paling besar sesudah Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pun adalah masjid yang memiliki mihrab paling besar di Indonesia. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ialah obyek wisata religi yang ramai dengan wisatawan di hari biasa atau waktu hari berlibur. Tempat yang begitu indah pun memberi sensasi yang beda dengan pekerjaan keseharian.

Keindahan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Dengan pesona keindahannya yang begitu menarik, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya harus masuk ke rincian satu diantara obyek wisata religi yang perlu Anda datangi. Sayang sekali bila Anda tengah ada di Kota Surabaya tapi tidak bisa berkunjung ke wisata religi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya itu.

Untuk isi pekerjaan pada saat tengah berlibur ditambah lagi libur panjang seperti berlibur nasional atau hari libur yang lain, wisata religi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya adalah obyek wisata religi yang begitu pas buat Anda. Wisata Religi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, dengan keindahan yang dimilikinya dapat membuat Anda yang tengah ada di dekat ataupun dari kejauhan akan mulai mendatangi obyek wisata religi ini.

Tidak hanya keindahan yang dipunyai oleh Wisata Religi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, masyarakat sekelilingnya juga begitu ramah tamah pada wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ini berdiri pada tanggal 4 Agustus 1995 atas ide H. Soenarto Soemoprawiro yang menjabat Wali Kota Surabaya pada saat itu.

Untuk penempatan batu pertama yang menandai dari pembangunan Masjid ini dikerjakan oleh Try Sutisno sebagai Wakil Presiden RI. Luas dari bangunan serta sarana pendukung dengan fisik yang berada di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ialah tempat seluas 11,2 hektar serta 22.300 mtr. persegi, dengan perincian panjang 147 mtr. serta lebar 128 mtr. masjid ini dapat menyimpan beberapa jamaah memiliki sampai 59.000. Arah dari pembangunan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yakni menjadi Islamic Center karenanya ada multidimensi misi religious, cultural serta mendidik.

Kubah Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya memiliki kekhasan yang lain yakni kubahnya berwarna biru terbagi dalam 1 kubah besar yang dikelilingi 4 kubah yang lain memiliki ukuran lebih kecil, dan menara yang tingginya sampai 99 mtr.. Bentuk kubahnya yang persis mirip 1/2 telur dari serta dengan 1,5 layer yang tinggi pada 27 mtr., dengan menyangga pada atap piramida yang terpancung dalam 2 layer setinggi kira-kira seputar 11 mtr.. Sampai sekarang ini Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya jadikan menjadi pusat dakwah di Kota Surabaya serta jadi arah penting peziarah yang berasal di luar kota itu.

Beberapa sarana serta service yang dipunyai wisata religi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya salah satunya; Ruang Parkir Kendaraan, Tempat Istirahat, Kamar Mandi/MCK, Rmah Makan serta banyak yang lain.

Untuk hadir ke tempat wisata religi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, beberapa wisatawan tak perlu cemas akan kesasar sebab saat ini dengan gampang Anda dapat minta pertolongan lewat google maps yang terpasang di smartphone Anda. Dengan memakai kendaraan pribadi tentu saja akan menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum.

Mengenai barang yang tidak bisa terlewatkan saat berwisata tidak hanya dompet serta smartphone yakni camera agar Anda dapat menyimpan peristiwa yang indah di obyek wisata itu. Semestinya untuk berwisata Anda tidak pergi sendirian semakin lebih menyenangkan jika dapat pergi wisata bersama dengan keluarga atau rekan.

About the author

admin administrator

    Call Now ButtonGratis Konsultasi 08122229385