Mimbar Masjid Jami Al Barkah Karawang

Mimbar Masjid Jami Al Barkah Karawang

Masjid Jami Al Barkah

Masjid Jami Al Barkah – Kota Karawang hingga saat ini sangat terkenal sampai ke mancanegara tentang wilayahnya yang memang mempunyai industri terbesar. Saat ini pemerintah terus mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi untuk ke berbagai daerah dan termasuk juga Karawang. Dikatakan bahwa kota Karawang mempunyai potensi yang besar untuk memperkuat daya saing di kawasan industri.

Hal tersebut dipaparkan langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Akses Industri Internasional Kementrian Perindustrian yaitu I Gusti Putu Suryawirawan. Kawasan industri karawang saat ini menjadi salah satu prioritas pembangunan di Jawa Barat yang sama dijelaskan dalam data Kementerian Perindustrian.

Disebutkan juga bahwa ada sekitar 2.381.97 hektar lahan yang kini sedang dikembangkan menjadi sepuluh kawasan industri baru yang bertaraf nasional dan juga internasional di wilayah provinsi Jawa Barat dan sebanyak 35% dari lahan tersebut tepatnya berada di Karawang.

Kemajuan Kota Karawang

Maka tak heran jika kedepannya lagi kota Karawang semakin maju dan terkenal dengan industrinya yang begitu banyak. Padahal pada awalnya kota tersebut dikenal sebagai kota Lumbung Padi. Dimana Karawang sendiri merupakan salah satu kota penghasil beras yang begitu banyak dan melimpah karena memang banyak sekali wilayahnya yang memiliki area lahan hijau.

Kebanyakan penduduk Karawang pada saat itu adalah petani dan sekarang masih berprofesi itu, walaupun sekarang kebanyakan adalah para pekerja yang bekerja di masing-masing industri di Karawang. Mereka para pengusaha sengaja memilih Karawang sebagai tempat perusahaannya berdiri karena disana memang lahannya begitu luas dan lokasinya yang cukup strategis di Jawa Barat.

Masjid Jami Al Barkah Karawang

Objek wisata Karawang

Penduduk dari Karawang sendiri adalah mayoritasnya suku Sunda. Mereka biasa menggunakan bahasa sunda untuk kesehariannya. Walaupun dikenal sebagai kota industri, tetapi kota Karawang ini juga mempunyai berbagai macam bangunan dan pusat perbelanjaan lainnya yang menarik dan modern. Mulai dari objek wisata, wisata kuliner sampai berbagai macam bangunan dapat kita jumpai di karawang.

Dan Karawang masih mempunyai sebuah pedesaan dan perkampungan yang mempunyai ciri khas. Jadi mereka penduduk Karawang tidak sepenuhnya mengikuti perkembangan zaman dengan adanya terus berkembang perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut.

Tetapi juga mereka masih memiliki jati dirinya sebagai para petani dan juga seperti lainnya. Bahkan disebutkan kota Karawang juga memiliki cukup banyak pondok pesantren yang biasanya dipilih oleh para santri untuk menuntut ilmu disana dan biasanya pondok pesantren tersebut berada di sebuah perkampungan dan pedesaan.

Kekuatan Nilai Agama di Karawang

Terlepas dari itu semua, Karawang memiliki nilai agama yang cukup kuat dan kental karena masih menjunjung ajarannya. Terbukti dengan adanya pondok pesantren dan juga bangunan masjid yang berada di setiap wilayah penjuru Karawang. Banyak juga bangunan masjid yang telah dibangun di kota tersebut tidak hanya di pusat kotanya saja tetapi juga di pedesaan dan perkampungan akan dengan mudahnya menemukan bangunan masjid. Salah satu bangunan masjid tersebut berlokasi di Jalan Raya Teluk Jambe, Pinayungan, Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang. Nama masjid tersebut adalah masjid Jami Al-Barkah.

Arsitektur Bangunan Masjid Jami Al Barkah Karawang

Masjid Raya Al Barkah merupakan salah satu bangunan masjid yang besar dan terkesan masih mempertahankan khas dari Nusantara. Bangunan masjid ini memiliki dua lantai yang sudah di keramik, sehingga menambah suasana yang dingin dan sejuk bagi para jamaahnya. Bangunan masjid ini mempunyai atap masjid limas bersusun dan pada bagian dinding luarnya didominasi dengan menggunakan warna krem.

Interior Masjid Jami Al Barkah Karawang

Ketika memasuki ruangan masjid pun akan terasa begitu sejuk dan nyaman karena memang selalu dirawat sebaik mungkin sehingga terkesan begitu apik dalam menjaganya. Dibagian ruangan utama masjid pun dapat ditemukan berbagai macam hiasan kaligrafi yang berwarna warni dan juga lampu hias namun bentuknya seperti tradisional. Berada di sisi jalan raya, membuat suasana di masjid Jami Al-Barkah selalu dipenuhi oleh para jamaah.

About the author

admin administrator

    Call Now ButtonGratis Konsultasi 08122229385